Riset, Konsultasi dan Pendampingan

Layanan riset merupakan bagian layanan berbasis riset yang terukur dan terpercaya. Dengan anggota tim yang merupakan dosen dan peneliti, dengan pengalaman memadai serta ditunjang penguasaan metodologi yang kuat, kami akan memberikan pendampingan dan nasihat bagi klien untuk mencapai tujuannya. Layanan riset yang kami berikan antara lain:

Riset Pasar:

Riset pasar adalah proses mengevaluasi kelayakan suatu produk atau layanan baru, melalui penelitian yang dilakukan secara langsung dengan konsumen potensial.

  • Metode ini memungkinkan organisasi atau bisnis untuk
  • menemukan target pasar mereka,
  • mengumpulkan dan mendokumentasikan pendapat dan
  • membuat keputusan.

Jenis Penelitian Pasar:

Ada berbagai jenis riset pasar, yang mencakup berbagai bidang studi. Apakah organisasi atau bisnis ingin mengetahui perilaku pembelian konsumen atau kemungkinan konsumen membayar biaya tertentu untuk suatu produk, riset pasar membantu dalam menarik kesimpulan yang bermakna.

Tergantung pada metode dan alat yang diperlukan, berikut adalah jenisnya:

1. Riset Pasar Primer (Kombinasi dari Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif): Penelitian pasar primer adalah suatu proses, di mana organisasi atau bisnis berhubungan dengan konsumen akhir atau mempekerjakan pihak ketiga untuk melakukan studi yang relevan untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan dapat berupa data kualitatif (data non-numerik) atau data kuantitatif (data numerik atau statistik).

Saat melakukan riset pasar primer, seseorang dapat mengumpulkan dua jenis informasi: Eksplorasi dan Spesifik. Penelitian eksplorasi bersifat terbuka, di mana masalah dieksplorasi dengan mengajukan pertanyaan terbuka dalam format wawancara rinci biasanya dengan sekelompok kecil orang yang juga dikenal sebagai sampel. Di sini ukuran sampel dibatasi untuk 6-10 anggota. Penelitian spesifik, di sisi lain, lebih tepat dan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang diidentifikasi oleh penelitian eksplorasi.
Seperti disebutkan sebelumnya riset pasar primer adalah kombinasi dari riset pasar kualitatif dan riset pasar kuantitatif. Studi riset pasar kualitatif melibatkan data semi terstruktur atau tidak terstruktur yang dikumpulkan melalui beberapa metode penelitian kualitatif yang umum digunakan seperti:

Kelompok fokus: Kelompok fokus adalah salah satu metode penelitian kualitatif yang umum digunakan. Kelompok fokus adalah sekelompok kecil orang (6-10) yang biasanya menanggapi survei online yang dikirimkan kepada mereka. Bagian terbaik tentang kelompok fokus adalah informasi dapat dikumpulkan dari jarak jauh, dapat dilakukan tanpa berinteraksi secara pribadi dengan anggota kelompok. Namun, ini adalah metode yang lebih mahal karena digunakan untuk mengumpulkan informasi yang kompleks.

Wawancara mendalam personal: Seperti namanya, metode ini melibatkan interaksi pribadi dalam bentuk wawancara, di mana peneliti mengajukan serangkaian pertanyaan untuk mengumpulkan informasi atau data dari responden. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagian besar merupakan pertanyaan terbuka dan ditanyakan dengan cara memfasilitasi tanggapan. Metode ini sangat tergantung pada kemampuan dan pengalaman pewawancara untuk mengajukan pertanyaan yang membangkitkan respons.

Penelitian etnografi: Jenis penelitian mendalam ini dilakukan di lingkungan alami responden. Metode ini mengharuskan pewawancara untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan alami responden yang bisa menjadi kota atau desa terpencil. Kendala geografis dapat menjadi faktor penghambat dalam melakukan penelitian semacam ini. Penelitian etnografi dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa tahun.

2. Penelitian Pasar Sekunder: Penelitian sekunder menggunakan informasi yang diorganisasikan oleh sumber luar seperti lembaga pemerintah, media, kamar dagang, dll. Informasi ini dipublikasikan di surat kabar, majalah, buku, situs web perusahaan, lembaga pemerintahan dan non-pemerintah, dan sebagainya. Sumber sekunder memanfaatkan yang berikut:

Sumber publik: Sumber publik seperti perpustakaan adalah cara yang mengagumkan untuk mengumpulkan informasi gratis. Perpustakaan pemerintah biasanya menawarkan layanan gratis dan peneliti dapat mendokumentasikan informasi yang tersedia.

Sumber komersial: Sumber komersial meskipun dapat diandalkan harganya mahal. Koran lokal, majalah, jurnal, media televisi adalah sumber komersial yang bagus untuk mengumpulkan informasi.

Institusi Pendidikan: Walaupun bukan sumber yang sangat populer untuk mengumpulkan informasi, kebanyakan universitas dan institusi pendidikan adalah sumber informasi yang kaya karena banyak proyek penelitian dilakukan di sana daripada sektor bisnis mana pun.

Jadikan perusahaan Anda memiliki keunggulan dengan pengetahuan mendalam tentang konsumen produk dan jasa Anda.

Kami siap membantu Anda di :

Situs Resmi                         : edukasi.org
Email                                    : info@edukasi.org
Telepon Layanan Khusus : 081286168584, 089509176558.
Whatsapp                             : 081286168584, 089509176558.

Go to Top