Pelatihan Contract Drafting (7/11/2018)

Edukasia Industri Maju, melalui Chase Learning Center telah menyelenggarakan Pelatihan “Contract Drafting” yang diselenggarakan Pada 7 November 2018 di Café Kopi Rock Cikarang. Pelatihan diikuti oleh kalangan professional, pengusaha, maupun mahasiswa.

Pelatihan “Contract Drafting” betujuan untuk memberikan pengetahuan maupun keterampilan dalam perancangan kontrak bagi para peserta. Pelatihan dilakukan dalam 4 sesi yang terdiri dari dua sesi teori dan 2 sesi praktek. Pada bagian teori para peserta belajar memahami dasar-dasar kontrak yang menjadi prinsip sekaligus pedoman bagi para perancang kontrak dalam melakukan penulisan suatu kontrak, khususnya kontrak bisnis. Pada dua sesi berikutnya para peserta dihadapkan pada suatu kasus dan para peserta berlatih membuat kontrak berdasarkan kasus yang ditelaah.

Pada pelatihan kali ini para peserta dibimbing langsung oleh Sujana Donandi, S.H., M.H., praktisi hukum yang memiliki pengalaman dan keahlian khusus di bidang perancangan kontrak.

“Kontrak sangat penting bagi perjalanan bisnis seorang pelaku usaha, khususnya ketika pengusaha menjalin kerjasama dengan pihak lain,” kata Sujana saat PT. Edukasia meminta pandangannya mengenai kontrak.

“Permasalahan yang sering terjadi: pelaku usaha sering membuat kontrak seadanya dan bahkan kontrak tidak dibuat oleh orang yang memiliki pemahaman yang baik dalam hukum perikatan. Alhasil, sering sekali terjadi sengketa hukum yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam pelaksanaan suatu perjanjian bisnis,” Sujana menambahkan.

“Merancang kontrak adalah upaya memanajemen resiko dalam bisnis. Oleh karena itu, ia harus dibuat secara cermat dan seksama, juga harus memperhatikan detail untuk menutup celah hukum di kemudian hari,” Sujana menegaskan.

Melalui pelatihan ini, para peserta diperlengkapi dengan skill analisa dan pengetahuan dasar mengenai peraturan dan prinsip-prinsip dasar dalam kontrak bisnis. Dengan bekal kemampuan ini, para peserta dilatih untuk menjadi kritis dalam mempersiapkan naskah kontrak.

“Berdasarkan pengalaman saya, pelaku usaha tidak terlalu peduli dengan kualitas suatu kontrak karena selama ini bisnis berjalan baik-baik saja meskipun kontrak dibuat seadanya. Namun kemudian, terjadi momen dimana kontrak bisnis tidak berjalan dengan baik, lalu terjadi sengketa. Saat itulah biasanya kemudian pelaku usaha menjadi panik. Akhirnya, mereka menghubungi Advokat untuk membela hak mereka dalam sengketa,” Sujana melanjutkan.

Menurut Sujana, pemahaman yang baik tentang kontrak dapat mencegah terjadinya hal tersebut.

“Padahal, hal itu bisa dicegah apabila pelaku usaha memiliki pemahaman tentang perancangan kontrak yang baik. Solusi lain adalah pelaku usaha hendaknya memiliki seorang staf di bidang hukum yang handal dalam menyusun kontrak, atau membayar jasa contract drafter profesional yang potensi biayanya jauh lebih murah ketimbang membayar seorang advokat dalam menyelesaikan sengketa kontrak di pengadilan.” Sujana menutup.

Para peserta berharap ilmu yang didapatkan dalam pelatihan ini dapat digunakan dalam membantu pekerjaan maupun bisnis mereka. Pelatihan serupa juga diharapkan agar sering dilaksanakan untuk memberikan kesempatan bagi pihak-pihak yang sering berhubungan dengan kontrak bisnis untuk memahami cara dan teknik penyusunan kontrak yang baik dan mampu meminimalisir permasalahan di kemudian hari.

Edukasia industri Maju juga berharap dapat melaksanakan pelatihan serupa secara berkesinambungan. PT. Edukasia Industri Maju hendak menjadi jembatan antara industri dan kebutuhan industri, termasuk di dalamnya kebutuhan keterampilan bidang hukum. Pelatihan-pelatihan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan industri juga menjadi menu-menu utama yang disiapkan oleh PT. Edukasia Industri Maju bagi industri.


 
Go to Top