Mengenal PLS, Salah Satu Jenis Analisis Statistik

Dalam aktivitas sehari-hari, pastinya Anda dituntut untuk memberikan yang terbaik di dalam pekerjaan. Tidak hanya Anda saja yang diminta untuk memberikan yang terbaik, tetapi juga orang-orang yang berada di sekitar Anda.

Di dalam sebuah perusahaan, pastinya selalu ada harapan untuk hal itu. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Untuk itu, perlu pelatihan yang bisa membuat mereka bekerja dengan lebih bagus dan sesuai ekspektasi perusahaan. Salah satu jenis pelatihan yang bisa dilakukan oleh para karyawan adalah PLS. Apa itu PLS? Apa saja kegunaannya? Dan di mana bisa melatih PLS? Berikut penjelasannya.

Apa yang dimaksud dengan PLS?

PLS merupakan akronim dari Partial Least Square. Secara garis besar ,PLS merupakan alat ukur dalam metode statistik. PLS adalah suatu teknik multivariat yang mampu dalam mengurus beragam hal seperti variabel respon hingga variabel eksplanatori secara berbarengan. Dari penjelasan awal saja, sudah jelas bagaimana PLS membawa kemudahan bagi yang menguasainya.

Sebenarnya, PLS adalah alternatif dalam statistik. PLS bisa digunakan untuk metode analisis regresi berganda dan regresi komponen utama. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya, kedua metode ini memiliki sifat kebal atau bahasa ilmiahnya, robust. Robust sendiri memiliki arti parameter model tidak akan banyak berubah walaupun adanya sampel baru yang diambil dari total populasi.

Dengan penjelasan di atas, terlihat sekali kalau PLS memberikan alternatif baru yang menarik, yang bisa digunakan bagi Anda yang bekerja dengan metode statistik karena tidak akan membawa hal-hal yang menyulitkan ke dalam pekerjaan setiap harinya.

Apa saja kegunaan PLS?

Banyak sekali kegunaan dari PLS, beberapa di antaranya seperti:

  • PLS tidak membutuhkan banyak asumsi atau syarat seperti SEM sehingga memberikan kemudahan yang lebih berarti untuk Anda.
  • PLS sebenarnya digunakan untuk merancang model saja, tetapi dengan kehebatan analisis ini, Anda juga bisa menggunakannya untuk konfirmasi teori.
  • Kegunaan PLS bisa dibagi di dalam dua model, yaitu inner model dan outer model. Untuk inner model, digunakan untuk regresi. Sedangkan outer model digunakan untuk menguji validitas dan realibitas.
  • Dibandingkan dengan SEM atau pun yang sejenis lainnya, PLS relatif lebih sederhana. Dengan menggunakan PLS, hanya diperlukan dua model, yaitu inner model dan outer model. Hal inilah yang membuat PLS menjadi lebih simpel dan mudah untuk dipelajari dibandingkan yang lainnya.

Itulah berbagai macam kegunaan PLS yang pastinya bisa memberikan keuntungan besar bagi Anda. Bagi yang belum mengerti tentang PLS, tidak perlu khawatir karena ada pelatihan PLS yang bisa Anda ikuti untuk belajar lebih dalam tentang hal ini dan menjadi ahli di bidangnya.

Pelatihan PLS

Edukasi.org telah mengeluarkan kelas Pelatihan PLS (Partial Least Square) yang bisa diikuti oleh Anda. Dengan memilih kelas ini, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan, yaitu:

  • Bisa mendapatkan ilmu dasar-dasar PLS secara konsisten.
  • Bisa mendapatkan ilmu dalam penilaian dan pelaporan pengukuran. Selain itu, ada hasil model struktural yang masih relevan dalam ilmu ini.
  • Bisa mendapatkan ilmu outlook pada efek moderasi, analisis multigrup, dan pengujian invarian pengukuran.

Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti kelas Pelatihan PLS. Untuk itu, ayo segera bergabung ke Pelatihan PLS di Edukasi.org karena tidak ada waktu yang terlambat untuk belajar dan menyerap ilmu dari manapun.


 
Go to Top