Bingung Mencari Tempat Kursus Pajak? Simak 4 Tips Ini!

Berniat kursus pajak? Kursus yang terkadang disebut dengan brevet pajak ini dapat diikuti oleh mereka para praktisi sekaligus akademisi di bidang perpajakan. Jadi, untuk Anda yang merupakan bagian perpajakan di perusahaan atau seorang mahasiswa pajak, berhak mengikuti kursus pajak ini.

Dalam kursus pajak, biasanya peserta akan diajak untuk lebih memahami tentang pajak di Indonesia. Anda juga akan dilatih untuk menghitung pajak, baik itu dengan atau tanpa aplikasi khusus perpajakan. Semua manfaat tersebut dapat diperoleh asal Anda memilih tempat kursus pajak yang tepat. Bagaimana caranya? Simak tips-tips mencari tempat kursus pajak berikut.

Perhatikan kompetensi instrukturnya

Pertama-tama, saat Anda mencari tempat kursus pajak, perhatikanlah kompetensi instrukturnya. Pasikan bahwa instruktur yang akan memberikan materi tentang pajak memang menguasai bidang perpajakan dan memiliki track record baik. Dengan memilih instruktur yang kompeten, maka ilmu yang akan Anda dapat pun terjamin kredibilitasnya.

Untuk mengetahui kompetensi instruktur kursus pajak, Anda bisa bertanya pada rekan atau lembaga terkait. Cobalah bertanya pada rekan yang sudah pernah mengikuti kursus pajak dan minta mereka merekomendasikan instruktur. Tidak punya terlalu banyak waktu? Anda bisa mencari melalui internet. Googling nama instruktur untuk mengetahui track record serta capaiannya sebagai seorang akademisi atau praktisi perpajakan.

Pastikan sertifikat yang diberikan diakui

Ilmu yang didapat tidak akan ada artinya jika tidak bisa dibuktikan kredibilitasnya. Begitu pula saat Anda mengambil kursus pajak. Pastikan nantinya Anda mendapatkan sertifikat atau bukti yang dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Tentu akan sia-sia jika Anda sudah membayar dan meluangkan waktu untuk kursus namun ilmu yang didapat tidak diakui.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, pilihlah lembaga atau tempat kursus pajak yang kredibel. Sebisa mungkin hindarilah mengikuti kursus yang tidak resmi atau malah belum memiliki pengalaman dalam memberikan pelatihan tentang perpajakan. Anda bisa bertanya pada rekan atau kolega yang berpengalaman dalam bidang pelatihan perpajakan. Mencari lewat internet pun bisa dilakukan jika waktu Anda terbatas.

Perhitungkan biaya kursus

Biaya juga bisa menjadi pertimbangan saat memilih tempat kursus pajak. Semua orang tentu ingin menggunakan uangnya secara efisien, termasuk saat memilih kursus. Asal Anda jeli saat memilih, mendapatkan lembaga atau tempat kursus pajak yang terjangkau tapi berkualitas pun bukanlah sebuah hal mustahil.

Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat saat mencari tempat kursus pajak. Jangan sekali-kali beranggapan bahwa biaya kursus yang mahal akan selalu memberikan kualitas yang baik. Faktanya, tidak semua tempat kursus dengan biaya mahal akan menghasilkan output ilmu yang berkualitas. Bisa jadi biaya mahal justru untuk menyediakan fasilitas di luar materi kursus.

Pertimbangkan mencari kursus lewat internet

Untuk Anda yang memiliki kesibukan tinggi, poin yang satu ini layak untuk dipertimbangkan. Mengumpulkan informasi lembaga kursus pajak secara manual dengan mendatangi tempatnya satu per satu tentu akan memakan waktu. Untuk itu, cobalah mencari informasi tentang lembaga kursus pajak lewat internet.

Saat ini sudah banyak lembaga yang memiliki website resmi sehingga mudah diakses. Anda tinggal membandingkan tempat kurusnya. Jika memang berminat, Anda cukup menghubungi lewat kontak yang tertera. Mudah, bukan?

Anda juga bisa mempertimbangkna untuk mengikuti kursus pajak yang ditawarkan oleh Edukasi.org. Kami siap memberikan pelatihan pajak dengan materi komprehensif yang mudah dipahami. Setiap kegiatan kursus akan dipandu oleh instruktur ahil yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing!


 
Go to Top