5 Cara Input Data Panel Dengan EViews

Eviews merupakan sebuah program komputer berbasis Windows yang umumnya digunakan untuk analisis statistika dan ekonometri jenis runtun-waktu. Eviews memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah tempat menginput data panel. Input data panel dengan Eviews sendiri merupakan upaya yang pertama kali harus dilakukan oleh para peneliti atau pihak-pihak berkepentingan yang akan menganalisis regresi data panel pada aplikasi Eviews. Lantas, bagaimana cara input data panel dengan Eviews? Ketahui informasi cara lengkapnya berikut ini!

Siapkan data Excel

Cara input data panel dengan Eviews yang pertama adalah menyiapkan data Excel yang digunakan untuk regresi data panel dengan Eviews. Pertama-tama, Anda perlu membuat file Excel yang akan di-input ke dalam Eviews. Di dalam file Excel tersebut, ada beberapa data yang perlu Anda masukkan. Pertama, data cross sectional seperti negara atau perusahaan. Kedua, data runtut waktu atau time series seperti data dalam tahun. Ketiga, data variabel bebas, misalnya menggunakan tiga variabel bebas berupa X1, X2, dan X3. Keempat, data variabel terikat, yang biasanya disebut Y.

Impor data Excel

Setelah menyiapkan data Excel yang dimasukkan dalam aplikasi Eviews, selanjutnya Anda perlu melakukan langkah mengimpor data Excel yang digunakan untuk regresi data panel ke Eviews. Bukalah aplikasi Eviews setelah Anda membuat data dalam Excel seperti yang sudah diterangkan sebelumnya. Tidak perlu memikirkan versi Eviews, karena versi apa saja mempunyai fungsi yang sama. Namun, sebaiknya Anda menggunakan Eviews versi 7 ke atas untuk hasil yang lebih optimal. Setelah buka Eviews, klik menu “File” – “Import” – “Import File”. Lanjutkan dengan mengklik file Excel yang sudah Anda buat, kemudian klik “Open”.

Setting kolom dan header

Anda harus memastikan bahwa Anda sudah memilih sheet yang benar untuk diimpor. Pastikan juga bahwa kolom yang akan Anda gunakan sudah benar. Apabila kolom yang digunakan belum benar, Anda bisa mengubahnya dengan mengganti kode dalam custom range. Jika yakin semua sudah benar dan tidak ada kesalahan, Anda bisa klik tombol “Next”. Pastikan juga bahwa header yang Anda gunakan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Baru kemudian klik lagi tombol “Next”.

Periksa ulang

Tahap setting kolom dan header harus Anda perhatikan dengan saksama karena langkah ini merupakan langkah paling krusial dalam proses input data panel dengan Eviews. Pastikan tidak ada kesalahan setting dalam tahap ini. Tentukanlah kolom mana yang akan Anda jadikan cross section dan kolom mana yang akan dijadikan time series. Untuk setting data panel dengan Eviews, Anda perlu menentukan apakah akan menggunakan dated panel atau undated panel. Apabila semua setting sudah yakin benar, Anda bisa klik tombol “Finish”.

Simpan

Setelah Anda menekan tombol “Finish”, selanjutnya perhatikanlah tampilan Eviews Anda. Apabila ada variabel dengan nama dateid, maka Anda telah berhasil melakukan deklarasi data panel dalam apliaksi Eviews. Anda bisa memastikan keberhasilan tersebut dengan klik variabel dateid yang tersedia. Jika tampilannya menunjukkan kombinasi antara cross sectional, bisa dipastikan Anda sudah sukses melakukan cara input data panel dengan Eviews dan mendeklarasikan data panelnya. Jangan lupa simpan data pada Eviews Anda dengan cara klik “File” – “Save As”.

Nah, itulah beberapa cara input data panel dengan Eviews yang perlu Anda ketahui. Dengan memperhatikan dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda dapat menginput data panel dengan Eviews lebih mudah. Selamat mencoba!


 
Go to Top