5 Cara Bijak Mengatur Gaji Bulanan

Bagaimana cara Anda mengatur gaji bulanan? Manajemen keuangan mungkin memang bukanlah perkara gampang. Ada banyak kebutuhan yang perlu Anda utamakan, namun rasanya kondisi finansial tidak menunjang. Pada akhirnya, Anda memilih untuk tidak mengatur gaji bulanan Anda karena banyak alasan. Namun, hal tersebut justru akan membuat kondisi finansial Anda makin tidak jelas. Anda perlu bijak mengatur gaji bulanan. Bagaimana caranya? Berikut informasinya!

Segera sisihkan gaji bulanan setelah diterima

Jangan menunda! Langkah manajemen keuangan pertama yang perlu Anda lakukan mulai sekarang adalah segera menyisihkan gaji bulanan setelah Anda menerimanya. Alih-alih menghabiskan gaji bulanan dan menyisihkan sisanya, lebih baik Anda langsung menyisihkan uang dan menyesuaikan pengeluaran berdasarkan total sisa gaji setelah sebagian disisihkan.

Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih hemat dan tidak menghabiskan gaji bulanan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Idealnya, Anda perlu menyisihkan minimal 30% dari gaji bulanan Anda. Nantinya, bila 30% dari gaji bulanan yang Anda sisihkan sudah terkumpul, Anda bisa mulai melakukan investasi untuk menghasilkan keuntungan.

Mulai pisahkan tabungan

Apakah hingga saat ini Anda hanya memiliki satu rekening tabungan? Jika iya, mulai sekarang Anda perlu mempertimbangkan untuk membuka lebih dari dua akun rekening. Memisahkan tabungan merupakan bagian dari manajemen keuangan yang baik untuk mengatur gaji bulanan karena dengan begitu keuangan Anda bisa teratur. Buatlah rekening pertama untuk menerima gaji, rekening kedua tidak pakai ATM, dan rekening selebihnya untuk tabungan dan tidak diambil.

Buat catatan mutasi

Membuat catatan mutasi mingguan ataupun harian bisa membantu manajemen keuangan Anda mengenai penggunaan uang. Khususnya bila Anda kerap lupa ke mana saja gaji bulanan Anda habis setiap harinya, membuat catatan mutasi bisa sangat membantu untuk melacak pengeluaran. Setelah dilacak, Anda perlu melakukan review setiap bulannya agar keuangan Anda di bulan berikutnya bisa lebih baik. Jika dilakukan dengan rutin, langkah ini bisa sangat berdampak pada kondisi finansial yang lebih stabil.

Buat target pengeluaran mingguan

Untuk bisa berhemat dan melakukan manajemen keuangan lebih baik, Anda perlu membuat target pengeluaran mingguan. Cara ini cukup ampuh untuk membatasi diri Anda dalam menghabiskan gaji untuk hal-hal yang tidak perlu. Tariklah uang dari ATM sesuai yang Anda butuhkan setiap minggunya dan konsistenlah dengan hanya menggunkan budget mingguan yang sudah Anda tentukan. Bila terus dilakukan, kebiasaan ini akan sangat membantu Anda untuk tidak menghabiskan uang dalam jumlah besar yang berlebihan.

 

Jangan kredit barang

Membeli barang-barang yang Anda sukai seperti smartphohe, kamera, hingga laptop baru secara kredit mungkin sangat menarik. Namun, dampaknya terhadap kondisi finansial Anda bisa jadi sangat besar. Alih-alih membebani finansial Anda dengan mencicil barang-barang secara kredit, apalagi barang yang tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik Anda menabung terlebih dulu.

Kredit memang membuat pengeluaran terasa tidak memberatkan. Namun, jika dihitung-hitung, jauh lebih untung bila Anda menabung untuk membeli barang yang dibutuhkan. Kendalikanlah diri Anda untuk tidak boros dan menghabiskan seluruh gaji bulanan sebelum akhir bulan. Jika memang harus mengambil cicilan, pastikan memang sangat dibutuhkan dan bunganya bernilai rendah.

Nah, manajemen keuangan dengan beberapa cara bijak mengatur gaji bulanan di atas bisa Anda pertimbangkan untuk menstabilkan kondisi finansial. Bijaklah dalam mengatur gaji bulanan agar Anda dapat memperoleh manfaat gaji bulanan dengan maksimal.


 
Go to Top