4 Manfaat Pelatihan Hukum bagi Karyawan

Pelatihan hukum sangat dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk bagi karyawan perusahaan. Ini karena dalam keseharian seorang karyawan, disadari atau tidak, selalu bersinggungan dengan hukum. Dengan menjadi melek hukum, maka karyawan pun akan mendapatkan kepastian hukum yang lebih baik saat bekerja. Anda juga akan mampu melindungi hak-hak Anda sebagai seorang karyawan saat melek hukum.

Sayangnya, masih banyak yang menyepelekan hal ini. Pelatihan hukum sering kali dipahami sebagai suatu hal yang terbatas untuk kalangan praktisi dan akademisi dalam bidang hukum. Padahal sebaliknya, pelatihan hukum justru ditujukan untuk kalangan awam. Berikut ini beberapa manfaat pelatihan hukum bagi karyawan yang mungkin belum Anda ketahui.

Lebih memahami seluk beluk hukum perusahaan

Di Indonesia, ada hukum tersendiri yang khusus mengatur tentang perusahaan. Hukum ini mengatur segala jenis usaha serta badan usaha di Indonesia. Hukum perusahaan didasarkan pada empat hal: perundang-undangan, kontrak perusahaan, yurisprudensi, dan kebiasaan. Dalam penerapannya, hukum perusahaan masuk dalam KUH Perdata.

Bagi yang masih awam, istilah-istilah tersebut tentu terdengar asing. Padahal bagi seorang karyawan, hal tersebut tidak kalah pentingnya dengan tugas kerjanya sehari-hari. Memahami hukum perusahaan adalah sebuah bentuk perlindungan terhadap risiko-risiko yang mungkin timbul di masa depan. Misalnya di saat Anda merasa perusahaan tidak menggaji Anda dengan layak. Dengan berbekal pemahaman tentang hukum, maka Anda bisa meminta pertanggungjawaban.

Mengenal serta mengerti pengaturan perseroan

Salah satu indikator untuk mengukur kesuksesan perusahaan adalah dengan melihat angka produktvitas kerja karyawannya. Produktivitas kerja sering kali dikaitkan dengan keterlibatan karyawan. Semakin tinggi tingkat keterlibatan karyawan, maka semakin tinggi pula tingkat produktivitas kerjanya.

Namun, pada faktanya masih banyak karyawan yang kurang angka keterlibatannya. Salah satunya bisa disebabkan karena mereka tidak memahami perusahaannya sendiri, termasuk tentang pengaturan perseroan. Padahal dengan memahami tentang pengaturan perseroan, maka seorang karyawan pun bisa memiliki sebagian saham perusahaan tempatnya bekerja. Hal ini tentu akan membuat mereka lebih terpacu saat bekerja.

Memahami fungsi dan tanggung jawab setiap elemen perusahaan

Agar bisa tetap berjalan, tiap-tiap elemen perusahaan memiliki fungsi serta tanggung jawabnya masing-masing. Walau demikian, fakta di lapangan sering ditemukan adanya ketidakpahaman tentang fungsi dan tanggung jawab ini. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini tentu akan berbahaya dan mengganggu kelangsungan perusahaan.

Anda bisa mengubahnya dengan mengikuti pelatihan hukum untuk karyawan. Ini karena dalam pelatihan hukum, Anda akan mendapatkan pemahaman tentang fungsi dan tanggung jawab setiap elemen perusahaan sesuai dengan hukum perusahaan di Indonesia. Di samping itu, memahami fungsi dan tanggung jawab elemen perusahaan juga akan membantu Anda untuk menghadapi risiko yang mungkin muncul di masa mendatang.

Membantu identifikasi potensi sengketa dan solusinya

Tidak selamanya perusahaan akan ada di atas. Bahkan untuk perusahaan yang sudah established, kemungkinan ini pun tetap ada. Salah satu penyebabnya adalah karena ada kasus sengketa pada perusahaan. Sengketa ini bisa menyangkut perihal ketenagakerjaan, lahan, perusakan lingkungan, hingga masalah keluarga jika perusahaan tersebut milik keluarga.

Dengan mengikuti pelatihan hukum, Anda sebagai bagian dari perusahaan mampu mengidentifikasi potensi sengketa. Saat potensi sengketa dapat diketahui, maka sebab permasalahannya pun cepat diketahui, begitu pula dengan pemecahan masalahnya. Jadi, risiko sengketa perusahaan dapat segera diatasi.

Dari sini, Anda sudah bisa mengetahui bahwa pelatihan hukum sangat bermanfaat bagi karyawan. Tertarik untuk mulai mengikuti pelatihan hukum? Edukasi.org siap membantu Anda. Kami menyediakan beberapa kursus serta pelatihan hukum yang aplikatif seperti contract drafting. Segera daftarkan diri Anda untuk mendapatkan manfaat pelatihan hukum di atas!


 
Go to Top