4 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM untuk Perusahaan

Dalam membangun perusahaan, pastinya membutuhkan barisan karyawan yang memiliki kemampuan untuk menggerakkan bisnis tersebut. Dengan berbagai pribadi, kemampuan, serta bermacam-macam divisi dalam menentukan pekerjaannya masing-masing, sumber daya manusia (SDM) yang baik dan layak selalu diinginkan setiap saat.

Ketika sudah memiliki karyawan, perusahaan tidak boleh hanya membiarkan karyawan tersebut berkembang tanpa arah. Seharusnya ada berbagai macam pelatihan yang diperlukan demi pengembangan SDM untuk perusahaan.

Perlu diketahui, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari beragam pelatihan SDM yang tersedia di luar sana untuk para karyawan. Perusahaan pun akan mendapatkan dampak positif juga dari karyawan yang sudah melakukan pelatihan SDM. Setali tiga uang, pihak karyawan mendapatkan kemampuan baru, pihak perusahaan mendapatkan performa terbaik dari mereka.

Apa saja jenis pelatihan dan pengembangan SDM untuk perusahaan yang bisa dipilih dan diberikan kepada para karyawan? Berikut penjelasannya.

Pelatihan tim

Jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang pertama adalah pelatihan tim. Di dalam pekerjaan, para karyawan pastinya tidak akan bekerja dengan kemampuan individu saja. Mereka juga harus bekerja sama dengan karyawan lainnya untuk mendapatkan hasil pekerjaan terbaik.

Demi bisa membuat kinerja secara tim lebih baik, perlu dilakukan pelatihan tim yang diatur sedemikian rupa agar tidak hanya menjadi dekat secara personal saja, tetapi juga dalam pekerjaan yang nantinya akan sangat menguntungkan untuk perusahaan.

Pelatihan teknologi

Seiring berkembanganya zaman, pastinya banyak sekali teknologi baru yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Teknologi ini pun akhirnya akan digunakan oleh perusahaan juga untuk menunjang kinerja bisnis yang terus berputar.

Agar bisa berjalan bersama perkembangan teknologi, sangat diperlukan pelatihan teknologi bagi para karyawan. Dengan melakukan pelatihan teknologi, maka perusahaan bisa mengaplikasikan teknologi terbaru di dalam sistem kerja dan para karyawan sudah siap juga untuk memanfaatkannya.

Pelatihan kemampuan

Jika sudah memiliki kinerja tim dan juga teknologi terbaru untuk menopang pekerjaan para karyawan, sekarang giliran kemampuan pribadi masing-masing karyawan yang menjadi perhatian perusahaan.

Setiap divisi yang ada pastinya membutuhkan kemampuan tersendiri yang berbeda satu sama lain. Hal ini perlu menjadi perhatian dari pihak perusahaan. Untuk itu, berikan pelatihan kemampuan untuk masing-masing karyawan yang sesuai dengan jabatan mereka sendiri. Jangan lakukan sekali saja, tetapi perlu dilakukan secara rutin agar kemampuan dari karyawan bisa terus berkembang ke arah yang lebih baik dan akan sangat menguntungkan bagi kelangsungan bisnis perusahaan.

Pelatihan bahasa asing

Jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang keempat adalah pelatihan bahasa asing. Di dalam era globalisasi seperti ini, tidak hanya bahasa Indonesia saja yang dipakai di dalam bisnis, tetapi juga bahasa asing seperti bahasa Inggris atau Mandarin. Demi bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, maka berikan pelatihan bahasa untuk para karyawan.

Siapkan kelas bahasa tiap minggu sekali atau dua kali agar bisa mendapatkan ilmu lebih cepat lagi. Dengan penguasaan bahasa asing, maka perusahaan akan mendapatkan karyawan yang siap membantu perusahaan melebarkan sayap dalam kemajuan bisnis. Siapa tahu Anda akan mendapatkan klien dari luar negeri, pelatihan bahasa asing tentu akan sangat bermanfaat.

Itulah empat jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang sangat berguna untuk perusahaan. Jika melakukan pelatihan SDM ini semua, niscaya perusahaan akan menjadi lebih maju dan karyawan di dalam perusahaan juga memiliki kualitas terbaik.


 
Go to Top